Mengenal Kayu Jabon dan Keunggulannya | Jasa Review Artikel Website / Blog Murah | Call 085 755 677 333


cari uang

Home » Mengenal Kayu Jabon dan Keunggulannya

Mengenal Kayu Jabon dan Keunggulannya

Posted by JasaReview Murah | 10:50 PM



Mengenal Kayu Jabon dan Keunggulannya

Menurut Wikipedia, Jabon adalah sebuah pohon yang tumbuh di wilayah Asia. Pohon ini terdapat di wilayah Asia Selatan hingga Papua Nugini. Di Indonesia, pohon ini juga dikenal sebagai jabun, kelampayan, empayang, atau worotua.

Pohon Jabon merupakan Tanaman Kayu Keras yang cepat tumbuh, Tanaman yang termasuk famili Rubiaceae ini tumbuh baik pada ketinggian 0 – 1000 m dpl, pada jenis tanah lempung, podsolik cokelat, dan aluvial lembab yang yang umumnya terdapat di sepanjang sungai yang beraerasi baik. Intinya pohon ini sangat memerlukan air yang lebih agar tumbuh dengan baik.

Pada umur 3 tahun, tinggi pohon jabon dapat mencapai 9 m dengan diameter 11 cm. Pada usia 5-6 tahun lingkar batangnya bisa 40 sampai 50 cm, diameter pertumbuhan antara 5-10 cm/tahun. Di alam bebas, pohon Jabon pernah ditemukan mencapai tinggi 45 m dengan diameter lebih dari 100 cm.

Keunggulan pohon jabon, kayunya mudah dikeringkan, mudah dipaku, di bor dan di lem, susutnya rendah. Sangat mungkin dimanfaatkan oleh Industri kayu, Mebel/Furniture, Bahan Plywood/kayu Lapis, Batang Korek Api, Alas sepatu, Papan, Peti, bahan kertas kelas sedang.

Dengan beberapa keunggulan di atas, bisnis kayu jabon mulai dilirik oleh masyarakat luas. Selain pemeliharaan yang relatif lebih mudah, hanya dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama (5 tahun), pohon jabon sudah bisa di panen dengan keuntungan yang berlipat ganda.

Satu kubik pohon jabon sekarang harganya Rp 1,6 juta, kalau harga beberapa tahun lagi, pasti akan jauh lebih mahal, sedangkan kebutuhan bibit jabon untuk satu batang pohon jabon hanya berkisar Rp. 2.000 - 2.500.

Jasa Review Murah

Bookmark and Share